Konsultasi ISO 20000:2011
ISO/IEC 20000 adalah standar internasional pertama untuk manajemen layanan teknologi informasi (ITSM, IT Service Management). Standar ini pertama kali dipublikasikan pada Desember 2005 dan seperti pendahulunya, BS 15000, awalnya dikembangkan untuk menggambarkan pedoman praktik terbaik yang terdapat dalam kerangka kerja ITIL (Information Technology Infrastructure Library) walaupun standar ini juga mendukung kerangka kerja dan pendekatan ITSM lainnya.
ISO/IEC 20000 terdiri dari dua bagian:
- ISO 20000-1, menganjurkan penggunaan pendekatan proses terintegrasi untuk secara efektif menyediakan layanan terkelola sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan.
- ISO 20000-2, adalah suatu 'aturan pelaksanaan' dan menjelaskan praktik-praktik terbaik untuk manajemen layanan dalam lingkup ISO 20000-1.
- Pengurangan dalam insiden dan manajemen insiden ditingkatkan
- Meningkatkan citra perusahaan dan kredibilitas
- Adopsi sebuah proses yang terintegrasi untuk pengiriman layanan TI
- Pengurangan waktu respon dan gangguan layanan TI
- Perbaikan pengelolaan biaya mengarah ke penghematan keuangan
- Sebuah budaya perbaikan terus-menerus
- Pemahaman tentang peran dan tujuan bisnis
- Memastikan kesadaran legislatif dan kepatuhan
- Melindungi perusahaan, aset, pemegang saham dan direksi
- Peningkatan kepuasan pelanggan dari pelanggan internal dan / atau eksternal
- Menyediakan Anda dengan keunggulan kompetitif
- Kepuasan pelanggan ditingkatkan yang meningkatkan retensi klien
- Konsistensi dalam penyampaian layanan atau produk